Kamis, 25 November 2010

CERITA Q

"Tarutung" kalau dalam bhs Indonesia artinya "durian".
Karena di tengah2 kota Tarutung ada pohon durian yang umurnya sudah lebih dari seratus tahun dan masih berbuah.
Nama lain dari kota "Tarutung" adalah "Rura Silindung".
"Rura" artinya lembah karena memang kota Terutung itu dikelilingi oleh bukit termasuk bukit barisan sehingga bentuknya kayak kuali.
Membelah kota Tarutung mengalir dua sungai yang namanya "aek sigeaon" dan "aek situmandi".

Tentang "aek situmandi" ada ceritanya sedikit, nama "situmandi" adalah nama seorang perempuan yang sangat cantik sekali dan marganya Hutabarat. Saking cantiknya seekor ular siluman samapi jatuh cinta dan membawanya pergi. Sejak itu tidak adalagi boru Hutabarat yang cantik..... (ini cerita lho...kalo ketemu boru hutabarat yang cantik berarti kutukannya sdh berakhir.. )

Penghuni asli kota Tarutung adalah marga-marga yang masuk dalam kumpulan "si opat pisoran" yaitu termasuk Tobing, Hutabarat, Panggabean, Hutapea (cmiiw). Marga Tobing terkenal dengan perempuannya yang cantik-cantik sehingga akibatnya (menurut pendapat orang banyak) boru Tobing terlalu pemilih dalam memilih pasangan hidup...(kata orang lho...sy cm dengar2 aja... )

Di Tarutung ada pemandian air panas (air belerang) dana air mineral (maksudnya air yang mineralnya banyak sehingga ikan tidak bisa hidup didalamnya disebut juga dengan air soda karena memang rasanya seperti soda, sedangkan orang tarutung sendiri menyebutnya aek rara). Bagi yang punya penyakit kulit seperti kudis kalo mandi di aek rara akan cepat sembuh.

Di Tarutung juga ada gunung berapi yang masih aktif, namanya dolok martimbang dan kota tarutung termasuk rawan gempa. Pada tahun 1987 pernah terjadi gempa yang besar sekali sekitar 5.9 SC, kebetulan pada waktu itu gempa terjadi menjelang ujian sehingga akibatnya semua yang ikut EBTANAS dari SD samapi SMA dinyatakan lulus 100%....

Saat ini obyek wisata yang paling terkenal adalah Salib Kasih (mirip dengan salib kasih yang ada di Manado). Tempat berdirinya salib kasih ini adalah tempat dimana dulu Nomensen pernah berdiri menatap rura silindung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar